Kamis, 17 November 2011

Pengantar Teknologi Informas

1.                Teknologi Informasi
Teknologi Informasi adalah suatu istilah yang mencakup segala hal dan kemampuan dalam pemebentukan, penyimpanan, dan penyebaran informasi.
a.                 Perlunya Teknologi Informasi
·        Kompleksitas tugas manajemen
·        Pengaruh globalisasi
·        Perlunya response time yang cepat
·        Persaingan bisnis yang ketat
b.               Tujuan Teknologi Informasi
·        Memecahkan masalah
·        Membuka kreativitas
·        Efektivitas
·        Efisiensi
c.                 Komponen Teknologi Informasi
·        Hardware (Perangkat Keras)
Ø      Input Device
1       Keyboard 
2.   mouse    
3.        Trackball
4         Joystick
5.        Scanner



Ø      Output Device
1.      Monitor
2.       Printer
3.    plotter
4.   audio response unit (ARU)
5. lcd proyektor
6. speaker





 

Ø      Proses
Central Processing Unit (CPU)
Komponen CPU :
§         Control Unit
§         Arithmatic Logic Unit  (ALU)

Ø      Media Penyimpanan (Storage)
§         Primary Storage
v RAM (Random Access Memory)
v ROM (Read Only Memory)
v Flash Memory
§         Secondary Storage
v     Magnetic Tape
v     Hard Disk
v     Floppy Disk (Disket)

 

·        Software (Perangkat Lunak), adalah program yang digunakan untuk menjalankan hardware
Ø      Sistem Operasi (Operating System), adalah program yang digunakan untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan dari system computer.
Ø      Bahasa Pemrograman (Programming Software), adalah program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi ke dalam bahasa mesin agar dapat dimengerti computer.
Ø      Perangkat Lunak Aplikasi (Aplication Software), adalah program yang ditulis dan diterjemahkan olehLanguage Software untuk menyeleesaikan suatu aplikasi tertentu.
·        Brainware (User/Operator)
·        Firmware, adalah instruksi permanen dalam ROM
·        Infoware, adaklah User manual, digunakan untuk membantu dalam menggunakan program. Biasanya berbentuk file E-book, Word, dan Adobe PDF


2.     Sistem Informasi
Sistem Informasi adalah system yang menggunakan teknologi computer untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi.

Komponen Sistem Informasi
a.      Data : Sekumpulan objek yang belum terstruktur dan belum diketahui kegunaannya.
b.     Informasi : Sekumpulan data yang telah terstruktur dan diproses untuk dapat digunakan, sehingga memberi arti
c.      Pengetahuan : Sekumpulan informasi yang telah terstruktur, sehingga memberikan pemahaman untuk dapat diaplikasikan

Satuan dalam Sistem Komputer
1.       Sistem Bilangan Desimal
Bilangan desimal adalah bilangan yang terdiri dari 10 digit angka (berbasis 10).
Contoh : 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9

2.     Sistem Bilangan Biner
Bilangan biner adalah bilangan yang hanya mengenal dua digit angka, yaitu 0 dan 1.
Contoh :

Konversikanlah bilangan biner berikut ke bilangan decimal !
a.      1   1   1  0   = (1x23) + (1x22) + (1x21) + (1x20)
                  = 8 + 4 + 2 + 0                     Pengkonversian dibaca dari kanan !!
                  = 14
23 22 21 20
b.     1100 1101 = (1x27) + (1x26) + (0x25) + (0x24) + (1x23) + (1x22) + (0x21)
                  + (1x20)
                = 128 + 64 + 0 + 0 + 8 + 4 + 0 + 1
                = 20
               Konversikanlah bilangan desimal berikut ke bilangan biner !
a.      60 (10)                                                                     b. 78 (10)
60                                                                               78
2   30 -> 0  (habis dibagi)                                          2   39 -> 0
  2   15 -> 0                                                                     2    19 -> 1               
     2     7 -> 1  (tidak habis dibagi 2, sisa 1 )                        2  9 -> 1
        2     3 -> 1                                                                      2  4 -> 1
            2     1 -> 1                                                                    2   2 -> 0
60 (10) -> 111100 (2),                                                                     2    1 -> 0
lazimnya ditulis 0011 1100 (2)                                   78 (10) -> 1001110 (2),
                                                                               lazimnya : 0100 1110 (2)

a.      Penjumlahan Bilangan Biner

Dasar Penjumlahan



1 + 0 = 1
 0 + 1 = 1
0 + 0 = 0
1 + 1 = 0
1 + 1 + 1 = 1
 




   
    dengan menyimpan 1
    dengan menyimpan 1
        Contoh  :     11011      - > 11
                      1 10 1 10 +   -> 22  +
                      1 0 0 0 01      -> 33
b.     Pengurangan Bilangan Biner

Dasar Pengurangan



1 – 0 = 1
0 – 0 = 0
1 – 1 = 0
0 – 1 = 1
 



    
è    Dengan meminjam 1 dari digit sebelah kiri

      Contoh : a) 111  -> 7                                        b) 1111001    -> 61
                        101  -> 5  -                                          100 10    -> 18  -
                          10  -> 2                                           1010 11     -> 43


c.      Komplemen
Merupakan langkah untuk mencari bilangan positif dan negatif pada operasi aritmatika.
a.      Komplemen 1 : Merubah biner 1 menjadi 0 dan 0 menjadi 1
b.     Komplemen 2 : Merubah biner 1 menjadi 0 dan 0 menjadi 1, kemudian ditambah 1
Contoh :  +2 : 010
                  -2 : 101                  -> Komplemen 1
                  -2 : 101 + 1 = 110 -> Komplemen 2

3.     Sistem Bilangan Oktal
Bilangan Oktal adalah bilangan yang terdiri dari 8 digit angka (berbasis 8)

Bilangan Oktal ( 8 = 23)
3 Bit
0
000
1
001
2
010
3
011
4
100
5
101
6
110
7
111


4.     Sistem Bilangan Heksadesimal (Heksa = 6, Deca = 10)
Bilangan Heksadesimal adalah bilangan yang terdiri dari 16 digit angka (berbasis 16)

Heksadesimal ( 16 = 24)
4 Bit
0
0000
1
0001
2
0010
3
0011
4
0100
5
0101
6
0110
7
0111
8
1000
9
1001
A (10)
1010
B (11)
1011
C (12)
1100
D (13)
1101
E (14)
1110
F (15)
1111

Soal Ujian Tengah Semester

1.       Jelaskan alasan dan tujuan diperlukannya teknologi informasi !
Alasan :
a.      Kompleksitas tugas manajemen
b.     Pengaruh globalisasi
c.      Perlunya response time yang cepat
d.      Tekanan persaingan bisnis
Tujuan : Menciptakan lapangan kerja

2.     Sebutkan contoh penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dan jelaskan masing-masing (minimal 3) !
a.      Dalam pembuatan skripsi, teknologi informasi (computer, keyboard,dll ) diperlukan sebagai alat bantu untuk mengetik.
b.     Dalam pencarian bahan makalah/skripsi, teknologi informasi (internet) sebagai penyedia bahan.
c.      Dalam pelajaran akuntansi dan manajemen, teknologi informasi (computer) sebagai alat penunjang belajar.

3.     Jelaskan hubungan teknologi informasi dengan teknologi computer dan teknologi komunikasi !
Teknologi informasi adalah istilah untuk segala hal dan kemampuan dalam pembentukan, penyimpanan dan penyebaran informasi. Untuk membentuk dan menyimpan informasi dibutuhkan teknologi computer sebagai alat penyimpan (storage). Dan untuk menyebarkan informasi dibutuhkan teknologi komunikasi untuk menyebarkannya, seperti melalui Handphone.

4.     Berdasarkan fungsinya, hardware diklasifikasikan menjadi 3 yaitu …
a.      Input, contohnya :
Ø      Keyboard
Ø      Mouse
Ø      Trackball
Ø      Joystick
Ø      Scanner
b.     Output, contohnya :
Ø      Monitor
Ø      Printer
Ø      LCD Proyektor
Ø      Speaker
Ø      Audio Response Unit (ARU)
c.      Proses, contohnya :
Ø      CPU (Central Processing Unit)
Ø      Motherboard
Ø      ROM
Ø      USB Flash
Ø      ALU (Arithmatic Logic Unit)

5.     Apa yang dimaksud dengan :
a.      Software : Program yang digunakan untuk menjalankan hardware
b.     Sistem Operasi : Program yang digunakan unruk mengendalikan dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan dalam system computer
c.      Bahasa Pemrograman : Program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi kedalam bahasa mesin, supaya dapat dimengerti computer
d.      Software Aplikasi : Program yang ditulis dan diterjemahkan oleh Language Software untuk menyelesaikan suatu aplikasi tertentu

6.     Jelaskan hubungan antara sistem computer dengan system bilangan biner, octal dan heksadesimal !
Pada pemrosesan data dalam system computer, terjadi proses arimatika (ALU), pada proses itu computer hanya bisa mengerti instruksi dalam bahasa  mesin, seperti system bilangan biner (berbasis 2), octal (berbasis 8) dan heksadesimal (berbasis 16).

7.     Carilah hasil dari aritmatika biner berikut :
a.      1110 0111 + 0001 1000 =
11 10 01 11
0001 1000 +
11 11 11 11
b.     0110 0110 + 1001 1001 =
0110 0110
1001 1001 +
11 11 11 11
c.      1110 0111 – 0001 1000 =
11 10 01 11
0001 1000 -
1100 11 11
d.      0110 0110 – 0001 1001 =
0110 0110
0001 1001 –
  100 1101



Pengorganisasian Data dan Informasi
          Data  adalah sekumpulan objek yang belum terstruktur dan belum diketahui kegunaannya.
Pembagian Jenis Data
1.       Data Terformat : Data yang sudah terformat sehingga memiliki arti tersendiri. Contohnya tanggal, waktu, nilai mata uang, dll.
2.     Data Citra : Berupa gambar
3.     Data Audio : Berupa suara
4.     Data Video : Berupa gambar yang bergerak (video) dan bukan animasi
5.     Data Teks : Berupa Teks. Contohnya angka, huruf dan symbol

Hirarki Data

1.       Byte : Unit terkecil dari data yang merupakan suatu kumpulan bit  yang mempresentasikan/ menyimpan karakter tunggal. Contohnya A, C, 1, 6, dll
2.     Fields : Gabungan dari beberapa karakter/byte yang membentuk kata, gabungan kata, atau rangkaian kata secara logika. Contohnya Nama Mahasiswa, Jurusan, N.I.M, dll
3.     Record : Gabungan dari beberapa fields secara logika. Contohnya Nama Mahasiswa beserta  nama-namanya, dll
4.     File / Tabel : Gabungan dari beberapa record yang sejenis dan berhubungan. Contohnya kumpulan dari nama-nama mahasiswa dan jurusan-jurusannya sehingga membentuk sebuah tabel.
5.     Database : Gabungan dari beberapa table/file yang saling berhubungan.
Metode Akses Record
1.       Index Sequential Access Method (ISAM)
Akses secara berurutan dan memerlukan waktu yang lama dalam prosesnya.
Langkah-langkah Proses ISAM :
a.      Read next
b.     Write next
c.      Reset
d.      No read after last write (Rewrite)
2.     Direct File Access Method (DFAM)
Merupakan logical record dengan panjang tetap yang memungkinkan program membaca dan menulis record dengan cepat tanpa urutan tertentu. Akses secara acak/random dan memerlukan waktu yang singkat dalam prosesnya. Dilakukan oleh OS.
Langkah-langkah Proses DFAM :
a.      Read end
b.     Write end
c.      Position to end
d.      Read next
e.      Write next
f.      Rewrite end
         Permasalahan Pendekatan File
a.      Data redundancy (Duplikasi)

b.     Data inconsistency (Data tidak Konsisten)
   Konsistensi data merangkum validitas, akurasi, kegunaan dan integritas data terkait antara aplikasi dan menemukan sebuah perusahaan IT. Hal ini memastikan bahwa setiap pengguna mengamati sebuah konsisten melihat dari data, termasuk perubahan yang terlihat dibuat oleh pengguna sendiri transaksi dan transaksi dari pengguna lain atau proses.
    Masalah Konsistensi data yang mungkin timbul setiap saat, tetapi yang sering diperkenalkan selama atau setelah situasi pemulihan ketika cadangan salinan dari data yang digunakan di tempat data asli. Berbagai jenis konsistensi data telah diidentifikasi. Ini termasuk Konsistensi Aplikasi, Konsistensi Transaksi dan Point-in-Time (PIT) Konsistensi. Sebagai contoh, untuk menyimpan dokumen khas atau file gambar, sebuah sistem operasi mungkin menulis catatan berikut ke disk dalam urutan sebagai berikut:
·        Entri jurnal mengatakan XYZ file akan disimpan ke sektor 123.
·        Isi sebenarnya dari file yang ditulis XYZ ke sektor 123.
·        123 Sektor sekarang ditandai sebagai diduduki dalam catatan ruang bebas / digunakan.
·        Entri jurnal mencatat file yang benar-benar disimpan, dan namanya adalah XYZ dan terletak di 123 sektor.

c.      Data Isolasion (Pemisahan)

d.      Data Integrity

e.      Aplikasi/data berdiri sendiri (independence)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar